Apr 24

Berjuang di Open Turnamen tingkat Nasional

 

 

DSC_1455Open turnamen pencak silat. Berbekal latihan keras setiap hari serta restu dari Orang tua dan guru. tim tunggal, tim ganda dan tim beregu Tapak Suci SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya berangkat ke Bandung untuk mengikuti OPEN TURNAMEN PENCAK SILAT tingkat Nasional DSC_1463kamis 23/04/2015 kemarin. Keberangkatan mereka dilepas oleh Bpk kepala Sekolah serta para orang tua siswa di depan halaman sekolah SMP MUHAMMADIYAH 2 dengan penuh harapan agar mereka dapat memberikan yang terbaik untuk sekolah.

 

Apr 21

Apresiasi Pimpinan Pusat Untuk SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya Dalam Pembangunan Kantin Sehat

DSC_1450

Kerja keras yang dilakukan oleh sekolah prestasi SMP Muhammadiya2 surabaya, dalam mewujudkan prestasi dari tingkat regional, nasional sampai internasional, mendapatkan apresiasi yang positif dari pimpinan pusat muhammadiyah, sehingga tepatnya pada bulan januari 2015, mendapatkan kunjungan penghormatan, dalam rangka melihat secara langsung aktifitas, fasilitas serta managemen pendidikan yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Dalam kunjungan tersebut, pimpinan pusat berharap agar SMP Muhammadiyah 2 Surabaya agar mempertahan sebagai sekolah atlit, artinya banyak mencipta atlit dari berbagai cabang olahraga serta terus menerus melakukan pembenahan terutama prihal “sarana dan prasarana sekolah”

Untuk merealisasikan saran tersebut, SMP Muhammadiyah 2 Surabaya saat ini melakukan penambahan ruang kelas baru serta pembuat “kantin sehat” artinya kantin yang menu makanan disesuaikan dengan selerah siswa dan gizi yang terkandung dalam setiap makanan juga mendapat perhatian. Dengan harapan siswa tidak lagi melakukan transaksi pembelian makanan dan minuman di luar sekolah, yang belum bisa dipertanggung jawabkan kebesihannya.

Dengan pengembangan fasilitas, terutama kantin, SMP Muhammadiyah 2 Surabaya akan bisa memenuhi kreteria sekolah berstandart internasional dengan defferensiasi yang beda dengan sekolah lainnya. Difinisi berstandart yang memiliki defferensiasi adalah pengembangan sarana dan prasarana termasuk kantin yang berbasis pada anak serta sangat memperhatikan tumbuh kembang peserta didik. Maka harus didukung oleh sumber daya yang memiliki kompetensi di bidang gizi. Mengapa ? pertumbuhan normal tubuh memerlukan nutrisi yang memadai, kecukupan energy, protein, lemak dan subplai semua nutrein esensial yang menjadi basis pertumbuhan.

SMP Muhammadiyah 2 Surabaya akan berusaha membangun kantin agar bisa memenuhi beberapa indicator sebagai kantin sehat. Yakni kantin yang memfasilitasi nutrisi sebagai kebutuhan pertumbuhan dengan berorentasi pada penyediaan nutrein vitamin A, seng atau protein selain kebutuhan energi adekuat. Melalui asupan energi tersebut diharapakan akan sangat mempengaruhi secara positif tumbuh kembang pada masa remaja.

Sukses SMP Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai sekolah yang menghasilakan siswa-siswa yang memiliki potensi dan keberbakatan memiliki prestasi sampai tingkat internasional, sudah selayaknya memperhatikan perkembangan siswanya, terutama dalam hal asupan energi. Sebab, sama sekali tidak mudah untuk mempertahankan setiap siswa yang berprestasi untuk tetap berprestasi dengan segala komleksitas permasalahan yang ada pada setiap siswa yang rata-rata berada pada masa pubertas. Ini semua sebagai atlit remaja, ada banyak permasalahan yang sewaktu-wakatu bisa mengancam prestasi mereka, terutama dalam hal pertubuhan berat badan.

Ancaman paling serius adalah masalah BB (berat badan). Permasalahan berat badan pada atlit berprestasi pada tingkat remaja pada cabor tertentu memerlukan stabilitas perkembangan berat badan. Karena derajat pertumbuhan remaja mencapai puncaknya pada masa pacu tumbuh; rata-rata percepatan pertumbuhan mencapai 16 g/hari untuk remaja perempuan dan 19 g/hari untuk remaja laki-laki. Tubuh membutuhkan energi untuk menaikan berat badan (BB) sekitar 8 kkal/g peningkatan BB atau 5%-6% dari pertumbuhan maintenen; sedangkan energi untuk pertumbuhan maintenen diperlukan sekitar 130 – 150 kkal/hari.

Menyikapi permasalahan yang dihadapai oleh atlit prestasi yang bersekolah di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya dalam hal mempertahankan atau mengatur pertumbuhan berat badan (BB). Oleh karena itu, mau tidak mau SMP Muhammadiyah 2 Surabaya sebagai sekolah prestasi harus memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh setiap siswanya sala satunya membangun kantin sehat. Dengan tersedianya kantin sehat, sekolah bisa melarang semua siswanya membeli makanan di luar sekolah. sekolah bisa memberlakukan jenis-jenis makanan yang bisa dan diperlukan pada siswa remaja. Artinya, siswa tidak diperbolehkan kelebihan asupan makanan.

Dengan kelebihan asupan makanan, khususnya pada siswa berpresasi mengakibatkan mereka akan sulit mempertahankan berat badan (BB), karena kelebihan asupan makan akan berdampak pada penambanahn berat badan (BB). Asupan balans positif pada anak yang obes akan menyebabkan anak lebih tinggi dan memiliki berat badan yang bersih dan lebih besar dn tulang-tulang yang lebih besar pula.

Merujuk pada brend image yang dimiliki SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, “sekolah prestasi” dengan defferensiasi yang dimiliki, Kelas Olahrga, Talent Eksicutive Class, sudah selayaknya pembangunan kanti sehat dibangun di lingkunan SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, dengan harapan siswa-siswa baik sebagai atlit maupun siswa berbakat yang lain bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan pretasinya secara bertahap. Melalui pembanguan kantin sehat tersebut, sangat mungkin SMP Muhammadiyah 2 Surabaya menjadi sekolah percontohan bagi banyak sekolah.

Berikut hasil dokumentasi pembangunan Kantin Sehat dan penambahan ruang kelas yang masih dalam tahap Pondasi. DSC_1450 DSC_1449 DSC_1451

 

Apr 21

“Tes Talent” Calon Siswa Baru SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya Tahun ajaran 2015-2016

DSC_1089

Penerimaan calon siswa baru tahun ajaran 2015-2016 SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, diawalai dengan tes talent atau tes minat dan keberbakatan yang pada periode yang pertama dilaksanakan pada tanggal 19 April 2015 dengan jumlah peserta 100 siswa. Acara di tempatkan di depan gedung sekolah diawali dengan penjelasan maksud dan tujuan dilaksanakan tes minat dan bakat pada calon siswa baru oleh kepala sekolah dilanjutkan membuka pelakasanaan tes untuk dapat dimulai. dalam sambutan pembukaan kepala SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, mengajak semua orang tua untuk tidak cemas dan takut akan hasil pelaksanaan tes, mengapa? Karena tes ini hanya mengukur sejauh mana kemampuan siswa akan EQ (emotional quotient) serta SQ (sosial quotient) tidak lagi berbicara IQ (intelegensi quotient). Artinya pelaksanaan tes tidak berorentasi pada kemampuan logika, matematika dan verbal, namun lebih di titik beratkan pada kekuatan otot yang dimiliki oleh masing-masing siswa serta kemampuan individu dalam menyesuaikan diri secara sosial.

Tes yang di awali dengan lari cepat dan diakhiri dengan kemampuan fisik dalam berlari jauh dengan cara bersama-sama dengan percepatan bertahab. Semua pelaksanaan dikawal oleh para tenaga yang memiliki kompetensi yang memadai, ini semua terlaksana berkat adanya kerja sama dengan UNESA Surabaya. Jalinan kerja sama ini sudah berjalan lama dan sudah menghasilkan  beberapa siswa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian untuk tahun ajaran 2015-2016 SMP Muhammadiyah 2 Surabaya diharapkan akan bisa menghasilkan atlit-atlit serta siswa-siswa yang memiliki keberbkatan. Sehingga bisa memberi sumbangsi dalam membawah nama Surabaya, Jawa Timur bahkan Indonesia pada setiap ifen olaharaga.

SMP Muhammadiyah 2 Surabaya sudah menjadi harapan KONI kota  Surabaya untuk menemukan bibit-bibit atlet yang bisa diandalkan dan untuk selanjutnya bisa menjadi bidang garap KONI melalui pemusatan latihan. Dengan demikian maka potensi-potensi atlet tersebut kelak bisa mengharumkan nama Indonesia diajang olahraga. Selain itu tes talent juga akan ditindak lajuti dengan memfalitasi keberbakatan selain olahraga, diantaranya linguistic (bahasa), kinestetik, musikal serta yan lain, termasuk interpersonal (hubungan sosial).

Kegiatan menjelang wal tahun ajaran dalam bentuk tes talent adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Kami berharap seluruh keluraga besar SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, beserta calon wali murid barunya bisa saling bekerja sama dan partisipasinya dalam menghantarkan para anak bangsa, calon siswa baru, dengan memberikan bekal untuk dipergunakan dalam menhadapi tantangan serta  problema  dimasa akan datang.

Berikut hasil dokumentasinya.

DSC_1182 DSC_1211 DSC_1188 DSC_1197

DSC_1170

DSC_1123 DSC_1131

DSC_1196 DSC_1200 DSC_1207

 

 

 

 

 

Apr 20

JUARA UMUM TAPAK SUCI SE SURABAYA

IMG_20150420_110107dalam turnamen TAPAK SUCI tingkat SD-SMP se-Surabaya yang diselenggarakan Jum’at 10 April 2015 di BG Junction Mall Surabaya SMP MUHAMMADIYAH 2 kembali maraih Juara Umum. dalam tunamen kali ini SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya mengajukan tim Seni dan tim fighting untuk bertanding dan syukur Alhamdulillah berkat do’a dan latihan keras selama ini mereka dapat memperoleh juara. namun mereka tak lantas cepat berbangga diri, melainkan lebih mengoptimalkan latihan untuk persiapan turnamen dengan tingkat yag lebih tinggi.

Mar 25

Dalang SMP MUDA Sabet Juara

IMG_20150324_0001lagi-lagi Nama besar SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya dibuat melejit oleh prestasi Siswa-siswinya. Kali ini Muhammad Burhanuddin Ilmansyah Siswa kelas 8F yang mendongkrak nama SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya lewat Prestasinya meraih Juara III dalam lomba Dalang Bocah tingkat SD-SMP se-Jawa Timur, yang dihelat oleh UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian (Dikbangkes) Dinas Pendidikan Jatim. dengan ini menambah daftar panjang prestasi yang telah diukir oleh Siswa-Siswi SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya.

Mar 25

Perform di SMEX

IMG_20150324_100358SMEX (Surabaya Music Expo) adalah sebuah acara pameran musik yang diadakan pada tanggal 19 sampai 22 Maret 2015 bertempat
di Grand City Mall Surabaya. dalam acara kali ini ALINKA MUDA yang digawangi oleh Esti, Rani, Maliki dan Kiki serta
FARIAL MUDA yang digawangi oleh Junior, Yusril, Dwiki, Yudi dan Sadidan diundang untuk mengisi acara tersebut dengan
membawakan beberapa lagu ciptaan mereka. Dengan adanya undangan ini ALINKA MUDA DAN FARIAL MUDA berharap dapat menunjukkan Skil dan kuwalitas mereka sekaligus
mempromosikan band mereka kepada masyarakat Surabaya.

Berikut  hasil dokumentasi dari kami.

IMG_20150324_100358 IMG_20150324_100352 IMG_20150324_100346 IMG_20150324_100340

 

Mar 23

Ujian Praktek

DSC_9489Syarat agar dapat lulus, siswa – siswi harus memenuhi kriteria kelulusan yakni salah satunya dengan mengikuti Ujian praktek. Materi yang diujikan yaitu membuat sebuah karya yang berbentuk apapun, misalnya ada yang membuat berbagai menu makanan maupun minuman dan mereka harus dapat mempresentasikannya dihadapan Ustad/Ustadzah penguji menggunakan perangkat IT yang telah disediakan oleh Sekolah, selain itu mereka juga harus mempresentasikannya menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa dengan baik. Karena ujian ini menyangkut empat aspek nilai mata pelajaran yakni mata pelajaran Prakarya, Ilmu Teknologi (IT), Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

Berikut hasil dokumentasi dari Ujian Praktek siswa – siswi SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya yang dimulai pada tanggal 16 Februari 2015.

DSC_9489 DSC_9488 DSC_9401 DSC_9394

Mar 23

Narkoba Masuk Kurikulum?

DSC_9387Kejahatan Narkoba kini levelnya sudah akut, sudah banyak korban berjatuhan tak kenal laki – laki atau perempuan, kaya atau miskin, rakyat jelata sampai mereka yang duduk dikursi pemerintahan. Miris memang, namun yang tak kalah mencuri perhatian kita yaitu peredaran barang haram yang kerap disebut Narkoba ini kini telah merangsak masuk kesebagian kalangan pelajar di Indonesia. Maka dari itu Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur mulai tgl 17 Februari 2015 sampai 5 kali pertemuan mendatang melakukan Advokasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunnan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta mensinergikan materi tentang Narkoba kedalam Mata Pelajaran, Kesiswaan, OSIS / IPM (red Sekolah Muhammadiyah), Lingkungan, dan UKS di SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya. Dengan dibentuknya strategi ini diharapkan dapat mencegah beredarnya Narkoba dilingkungan pendidikan di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur.

Mar 23

Kegiatan Tengah Semester (KTS)

DSC_9271Kegiatan Tengah Semester (KTS) SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 12,13 dan 14 Februari 2015 di Vila Hortensia Prigen Pandaan berjalan dengan lancar. Dalam kegiatan ini Siswa-siswi SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya mendapat banyak sekali pelajaran berharga mulai dari ketagguhan dan ketahanan mental yang dikemas dalam kegiatan Outbond, Spiritual yang dikemas dalam bentuk pemberian motivasi, Kegiatan sosial yang dikemas dalam kegiatan memasak bersama dan mendirikan tenda. Selain itu ketangguhan mereka juga diuji dalam kegiatan Tapak Suci yang dilaksanakan dialam sekitar Villa.

 

Berikut hasil dokumentasi dari Kegiatan Tengah Semester ( KTS ) SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya

DSC_9271 DSC_9354 DSC_9338 DSC_9315 DSC_9306 DSC_9305 DSC_9076 DSC_9106 DSC_9143 DSC_9127 DSC_9112 DSC_8929 DSC_9012 DSC_9003

DSC_9319 DSC_8935

 

Mar 23

Upacara Rutin

angkattt“Kedisiplinan diri berawal dari ketepatan waktu dan Istiqomah dalam menjalankan Sholat lima waktu”. Itulah petikan amanat yang disampaikan oleh Ustad Jamaluddin pagi ini selaku inspektur upacara yang rutin dilaksanakan setiap bulan. Syukur Alhamdulillah upacara pagi ini yang dilaksanakan di lapangan SMP MUHAMMADIYAH 2 Surabaya berjalan dengan khidmat meskipun siswa-siswi kelas IX tidak dapat mengikuti upacara dikarenakan harus mengikuti Ujian Praktik untuk memenuhi nilai kelulusan..

Older posts «