Jul 21

Unik dan Cantik

Unik dan Cantik

 

Suasana hijau membalut pemukiman di kawasan Pacet, Mojokerto. Tenang dan syahdu membuat pemikiran yang terus mengalir untuk bisa menjadi sebuah karya-karya kreatif, para staff dan Koordinator dalam Rapat kerja (Raker), Kamis, (21/7) di Villa Welirang Pacet, Mojokerto.

Konsep yang diusung lebih pada kekreatifan staff dan koordinator untuk menghidupkan branding sekolah yang berbeda.Tema yang diangkat adalah Mempertahankan dan Memperkuat Branding Spemda di era Digital. Rapat kerja yang diikuti oleh kepala sekolah, 5 staff dan 12 koordinator. Masing-masing staff dan koordinator membuat harapan diawal tahun ajaran untuk penunjang kegiatan Spemda.

“Saya berharap, staff dan koordinator dapat membuat konsep yang unik dan kreatif. Program kerja mereka pun harus aneh dan orisinil,” ungkap Ida Indahwati Waliulu selaku Kepala Spemda Prestasi.

Dalam Raker yang dimulai dari pukul 15.00 sore hingga 24.00, pemikiran diadu untuk bisa lebih produktif disetiap program yang dibuat. Kolaborasi yang menarik antara staff kurrikulum, hubungan masyarakat, sarana dan prasarana, islam, kemuhammadiyaan dan bahasa arab (Ismubaris) berkolaborasi dengan koordinator setiap staff demi menciptakan karya dalam mendukung kreatifitas siswa dan fasilitas spemda.

“Berharap, setelah raker seluruh program kerja terjalankan sesuai harapan dan tersaji dengan baik”, lanjutnya.

Jun 17

Langkah kecil untuk Kampung Anak Negeri

Berbagi bersama di Liponsos

Sepuluh terakhir di bulan Ramadhan adalah waktu yang dinanti-nanti oleh sebagian umat Islam. Memperbanyak membaca Al-Qur’an, bershadaqoh dan berbagi.

Kelas Olahraga Cabang olahraga Tapak Suci SMP Muhammadiyah 2 (Spemda Genteng) Surabaya, memanfaatkan diakhir bulan Ramadhan dengan berbagi bersama Liponsos Kampung Anak Negeri, Wonorejo, Surabaya (16/6).

“Kami ingin, mengajarkan kelembutan, kasih sayang, dan sosial kepada para atlit tapak suci. Agar mereka juga tetap bersimpati dan empati, meskipun sepak terjang mereka begitu kuat, ” ungkap Arum Gita Oktasariani, selaku Ketua Panitia Bakti sosial yang juga pelatih Tapak Suci.

Acara yang dikonsep dengan tema Satu langkah kecil untuk kepedulian bersama ini diikuti oleh 50 atlit tapak suci. Mereka menyuguhakan atraksi kipas dari seni tapak suci, disambung dengan gamelan, perkusi dan ice breaking yang makin menghidupkan acara.

Buka Bersama

Hadiah-hadiah juga sudah disiapkan untuk mereka yang memenangkan ice breaking. “Tak hanya memberi, tapi kami ingin menghibur,” lanjut Arum

“Berharap, acara ini terus berlanjut untuk bisa mengajarkan siswa dan siswi Spemda lebih peduli dengan sesama,” ungkap, Dra. Ida Indahwati Waliulu kepala Spemda Genteng Surabaya, dipenghujung acara, saat memberikan cinderamata kepada ketua Liponsos Kampung Anak Negeri

Diakhir acara, 35 anak jalanan yang kampung dirawat oleh Dinas Sosial hingga disebut dengan kampung anak negeri, menikmati buka bersama dengan atlit tapak suci, disambung sholat maghrib berjamah.

Tak hanya itu, anak-anak juga mendapatkan bingkisan pakaian dan alat-alat tulis.

Jun 13

Menumbuhkan Generasi Simpati dan Empati

Berbagi bersama di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan hidayah. Pada bulan Ramadhan ini SMP Muhammadiyah 2, Genteng, Surabaya (Spemda) mempunyai rangkaian kegiatan Daarul Arqom di sekolah. Aktivitas Daarul Arqom Murid kelas VII dan VIII selama 2 hari satu malam (12-13 ) untuk putri dan (14-15 ) untuk Putra.

Daarul Arqom yang diadakan pada tahun ini menekankan tentang cinta Al-Qur’an secara  harfiah. Membaca sesuai tajwid dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penekanan pada Surat Al Maun yang menjelaskan tentang orang-orang yang mendustakan agama.

“Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,” Cuplikan ayat ke 3 Surat Al Maun menjadi sebuah tindakan langsung yang dilakukan oleh siswa-siswi Spemda Surabaya. Bulan penuh berkah ini, menjadi ajang untuk berbagi bersama masyarakat miskin dan tukang becak.

Menyalurkan infaq berupa materi yang terbalut oleh kertas putih, disebarkan di daerah Pasar Genteng dan Jalan Simpang. Penyebaran infaq tersebut dijadikan 7 kelompok dari 137 kelas putri Spemda.

Membiasakan Sholat Isya’ & Tarawih berjamaah

“Belajar memaknai Al-Qur’an ternyata begitu menarik dan menyenangkan. Mulai dari cara membaca dengan tajwid hingga melagukan ayat-ayat Al-Qur’an secara bersama-sama. Dan paling berkesan saat kita belajar langsung tentang berbagi dengan tukang becak dan masyarakat di pinggir Sungai. Bahagia dan terenyuh, Ungkap Rebina Choyrina Aziza kelas 8A.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan sebuah pembelajaran langsung tentang arti berempati dengan sesama. Bisa merasakan apa yang mereka rasakan, dan dapat membantu apa yang mereka butuhkan. Dengan adanya pembelajaran bersifat karakter, dapat menjadikan siswa-siswi Spemda, Surabaya lebih mandiri dan percaya diri.

“Kegiatan yang sudah terprogram setiap tahun ini, terlaksana sejak 6 tahun lalu, diharapkan bisa membuat anak lebih bersimpati dan berempati kepada setiap manusia di sekelilingnya, ungkap Ach. Jamaluddin, S.Thi selaku Ketua Panitia Daarul Arqom.

Diujung kegiatan, kelas putri juga menyiapkan makanan ringan untuk takjil kepada 200 pengendara motor dan mobil di sekitar Surabaya Pusat. Yang akan menyegerakan berbuka puasa.

Jun 10

Ketika ghiroh harus dibangun

Suasana pembelajaran Alqur’an guru dan karyawan SPEMDA

“Bacalah, naiklah (ke atas surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana kami dulu pernah membacanya di dunia. Karena sesungguhnya kedudukanmu di surga terdapat pada akhir ayat yang kamu baca.” (Hadist Imam Bukhari dan Muslim)

 

Seorang guru tak hanya memberikan ilmu, tapi juga menimbah ilmu sebanyak-banyaknya. Layaknya di Bulan Ramadhan tahun ini, Spemda Surabaya menyelenggarakan Kajian Ramadhan untuk Ustad/ustadzah dan karyawan. Acara yang dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut mulai 7 sampai 10 Juni 2017.

“Acara ini dibuat untuk menunjang mutu pendidikan agama khususnya ilmu Al-Qur’an yang berkualitas, ” ungkap Kepala Spemda Genteng Dra. Ida Indahwati Waliulu.

Meskipun Bulan Ramadhan, semangat untuk belajar tidak kendor. Terlihat dengan respon ustad/ustadzah dan karyawan yang mengikut dari awal hingga akhir. Pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan melalui praktek ini, menumbuhkan ghirah yang terselubung dari hati ustad/ustdazah dan karyawan Spemda Genteng Surabaya.

Tutor yang didatangkan adalah Hafidz Pondok Pesantren Al Amiin Sumenep, Ustad Jumardi yang mengajarkan tentang ilmu tajwid dan Miftahul Jannah, S.Ag pengajar Qori’ nasional.

Diharapkan dengan adanya Kajian Ramadhan ini, dapat menambah metode belajar Al-Qur’an dengan sempurna.

Jun 05

Spemda Graduation

Spemda Graduation

Perjalanan tiga tahun bukan waktu yang lama, singkat tapi memiliki ribuan cerita. Tepat hari Jum’at (2/6) hasil dari UNBK telah muncul. Kegelisahan berkecamuk dihati para pelajar SMP Muhammadiyah 2 Surabaya yg disebut Spemda Genteng

Hasil yang dinantipun telah tiba, dengan ceremonial spemda graduation 2017 (3/6) malam, di Taman Budaya Surabaya. Acara yang dikemas dengan tema flash moment ini dimeriahkan dengan puluhan penampilan yang spektakuler. Mulai teater, perkusi, saman hingga bintang tamu, brass band SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, semakin menghidupkan acara.

“Sedih, bahagia, takut itu saya rasakan sebelum acara dimulai. Tapi, Alhamdulillah hasil tidak mengecewakan usaha. Dan acara Spemda Graduation bikin hati sedih, dan merasa bahwa beberapa hari lagi, saya bukan anak spemda, bukan anak SMP lagi, ” ungkap Karin Tabina dengan sedikit sedih bercampur bahagia.

Sengaja acara lulusan Spemda Genteng dikemas Flash Moment agar kenangan di Spemda Genteng tetap melekat untuk para lulusan 2017.

Spemda Graduation 2017 meluluskan 157 siswa, dan memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi tingkat nasional kategori akademis, olahraga dan seni. Penghargaan berupa medali dan uang tunai ini juga diberikan kepada siswa kelas 7 dan kelas 8 sebagai motivasi untuk menularkan prestasi kepada kawan-kawan lain.

May 22

Kawin Emas di Awal Tahun

Juara 1 Tim Puteri SPEMDA HC di Kejuaraan Piala Walikota X

Kemenangan membangkitkan semangat besar para atlet Hoki SMP Muhammadiyah 2 Genteng, Surabaya, yang disebut Spemda HC mereka memberikan kebanggaan tersendiri untuk sekolah prestasi. Di awal tahun 2017, Spemda HC mendapatkan julukan kawin mas pada ajang kejuaraan Piala Walikota Surabaya.
Kejuaraan Piala Walikota Surabaya, cabang olahraga Hoki pada 2-7 Mei lalu di Lapangan Hockey Dharmawangsa, Surabaya. Tim hoki putra telah mendapatkan 1 emas dan tim hoki putri mendapatkan 1 emas. Kemenangan yang telah diraih langsung oleh tim hoki putra dan putri menjadi julukan kawin emas.
Berlatih setiap hari tidak membuat mereka lelah dalam berjuang, untuk mempertahankan nama besar Spemda HC dikanca Hoki Nasional. Konsisten dalam berolah raga hoki adalah tonggak keberhasilan Spemda HC.
“Komitmen, stamina dan doa adalah kunci yang harus dimiliki oleh kami sebagai atlit hoki. Tanpa dua hal itu, kita akan sering lelah dalam bermain dan tidak akan kuat dengan lapangan yang akan dihadapkan hujan dan terik matahari,” ungkap Sevillah Izzatun Nihayah, pemain depan Spemda HC.

Juara 1 Tim Putera SPEMDA HC di Kejuaraan Piala Walikota X

Berkomitmen untuk bisa berhoki bukan hal yang mudah, karena butuh dukungan kuat dari pihak sekolah. Kejuaraan Piala Walikota Surabaya yang sudah dilalui selama 10 kali ini, Spemda HC tidak pernah mengecewakan. Emas selalu diraih untuk sekolah.
“Keberanian yang kami miliki membuat lawan gentar, tim Spemda HC melakukan shootout yang dilakukan Nonik Puspitasari hanya dalam waktu 8 detik. Alhamdulillah, saat itulah kita menjadi yang terbaik, “ lanjutnya dengan semangat.
Gesitnya mereka menjadikan sebuah kemenangan yang tak ternilai. Maju dengan perhitungan untuk tembakan istimewa membuat sang lawan tertengun. Mempertahankan hal tersebut untuk menghadapi lawan-lawan agresif.

May 01

Opening Art Komposisi Payung

Opening art teater star berjudul “komposisi payung” pada malam puncak festival teater US Universitas Surabaya 2017.

Teater Star Spemda Genteng sebagai opening art pada malam puncak Festival Teater (Fester) 2017 di Gedung Cak Durasim Surabaya, Jawa Timur, Minggu (30/4).

Festival Teater 2017 yang diikuti oleh 10 peserta teater dan 55 peserta puisi se-Jawa Timur tersebut merupakan ajang untuk mengapresiasi seni teater sekaligus dalam rangka Dies Natalis UKM teater Universitas Surabaya (Ubaya) yang ke-23.

Teater Star yang baru berumur jagung, telah tegap melangkah pasti. Menyajikan teaterikal durasi 5 menit dengan tema komposisi payung. Perpaduan gerakan dengan media payung pelangi ini disutradarai oleh Luddy Saputro M.Sn

 

“Komposisi payung memiliki makna bahwa kehidupan itu penuh dengan warna dan kita butuh perlindungan yg aman agar tidak terbawa arus yang salah,” ungkap Pak Luddy selaku Pembina Teater Star Spemda Genteng.

Kehadiran Teater Star, menjadi semakin bertambahnya
kegiatan kelas keberbakatan Spemda Genteng. Memacu kreasi untuk menjadi karya yang positif bagi para pelajar SMP Muhammadiyah 2 Genteng Surabaya.

Apr 26

Raih juara umum, rebut kemenangan

Atlit Tapak Suci Spemda Genteng, MBA Spartan

Senyum bahagia terlihat dari para atlit tapak suci Spemda Genteng, MBA Spartan. Mereka tak sia-sia selama 4 hari mempersiapkan kejuaraan pada SMAMDA Surabaya Open 2017 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Selasa (24/4) membawa nama sekolah menjadi juara umum. Julukan juara umum, bukanlah kali pertama untuk cabang olah raga pencak silat.
SMAMDA Surabaya Open 2017 dilaksanakan pada 21 – 24 April 2017 lalu, telah menyisahkan kegembiraan. Spemda Genteng telah mengirimkan 27 atlit, 11 pesilat putra dan 16 pesilat putri dalam kategori tanding dan seni. Atlit tapak suci yang di dominasi siswa kelas 7 ini memiliki sebuah semangat kuat.
“Para atlit mempersiapkan diri dengan latihan yang terprogam mulai pengembangan mental spiritual dengan sholat malam berjamaah. Dan juga memberikan semangat atas apapun yang akan terjadi di dalam pertandingan,” ungkap Achmad Dani Irawansyah, S. Pd, salah satu pelatih Tapak suci Spemda genteng, MBA Spartans.
Tapak suci telah menyabet 9 emas, 6 perak, 6 perunggu dan pesilat terbik. Dari 27 atlit hampir seluruhnya mendapatkan juara. Tapi, tak mereka yang belum mendapatkan juarapun tetap diberikan sebuah semangat, bahwa menang dan kalah adalah bonus bukan tujuan awal.
”Pengalaman pertama saya yang paling bahagia, saat pertama mengikuti pertandingan tunggal dan saya langsung mendapatkan juara 1. Mungkin ini adalah hasil proses kerja keras saya dalam berlatih dan berdoa. Kemenangan ini menjadikan permacu buat saya, bukan kesombongan,” ungkap Ernesta Milano yang duduk kelas 7, Pesilat putri tunggal yang menyabet juara 1

Mar 25

Kunjungan Alumni Tahun 1982

Alumni tahun 1982

Alumni tahun 1982

Bersama Ust.Sudarusman pembina MBA Spartans

Sabtu (25/3) di pagi yang cerah, sekolah yang penuh dengan prestasi tiap harinya ini kedatangan alumni tahun 1982. Disambut oleh pembina MBA SPARTANS ust. Sudarusman, kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para alumni ini dengan melihat – lihat bangunan sekolahnya yang tentu sudah sangat berubah serta mengenang masa – masa sekolah dulu.
“Yang tersisa cuman lantai marmer ini aja ya”, celetuk Pak Hadiri, Pengusaha alat berat di Surabaya, sambil menunjuk ruang keuangan.

Alumni tahun 1982 yang hadir saat ini diantaranya Hadiri, Taufiq, Leni, Idah, Diana dan Siti. Yang sangat spesial sekali ialah mereka membawa serta anak dan istrinya walau pun menempuh perjalanan panjang, karena sebagian sudah menetap di luar kota.

“Tujuan kami berkunjung saat ini selain untuk mengenang sekolah ini, salah satunya juga untuk merencanakan reuni akbar sehingga tali silaturrahim akan tetap terjalin hingga kami punya cucu”, ujar Pak Hadiri, seorang pengusaha alat berat yang ditunjuk sebagai ketua rombongan oleh teman – temannya.

Melihat perkembangan sekolah yang luar biasa ini, membuat mereka tergeleng – geleng takjub. Harapan mereka terhadap sekolah ini ke depan agar bisa meneruskan perjuangan dan harapan guru – guru mereka yang telah wafat. (Yunan Immanudin / M. Dzakwan 8C)

Mar 24

Penampilan Tapak Suci dari SD Muhammadiyah 18 dalam Menyambut Rombongan Musisi Asal Jepang

Older posts «