May 30

Kelas Untuk Murid Berprestasi Dibidang Olahraga

kelas_olahraga

KELAS ini merupakan program unggulan yang pertama dimiliki oleh SMP Muhammadiyah 2 Genteng Surabayai. Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kementrian Pendidikan Nasional menunjuk sekitar 100 sekolah di seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan kelas yang berorientasi mencetak bibit atlet dari bangku sekolah ini.

 Dan dari sekian sekolah tersebut adalah sekolah negeri, sementara SMP Muhammadiyah menjadi satu dari dua sekolah swasta yang ditunjuk. Bahkan di Jawa Timur menjadi satu-satunya sekolah non-pemerintah yang memiliki Kelas Olahraga.
Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, Ir. Sudarusman, menyatakan, “Penunjukkan kami sebagai satu-satunya sekolah swasta di Jawa Timur yang menyelenggarakan Kelas Olahraga ini merupakan sebuah kepercayaan yang besar dari pemerintah pusat terhadap Muhammadiyah”.
Olahraga,selama ini memanglah sangat dekat dengan sekolah ini. Predikat sebagai “gudangnya atlet muda” juga sudah melekat pada brand sekolah selama beberapa tahun terakhir. Hal itu tidaklah mengherankan, karena telah banyak prestasi yang berhasil ditorehkan siswa-siswinya dalam kejuaraan-kejuaraan olahraga. Oleh karena, apabila sekarang SMP Muhammadiyah 2 Surabaya mencoba untuk meningkatkan potensi siswa pada bidang non-olahraga merupakan sebuah hal yang menarik diketahui.
Terdapat 3 cabang olahraga yang tergabung dalam kelas olahraga sementara ini, yakni Pencak Silat, Atletik, dan Anggar. Pemilihan cabang olahraga tersebut didasarkan pada banyaknya prestasi yang telah diraih siswa-siswi sekolah ini dalam 3 jenis olahraga tersebut. Namun, pada penyelenggaraan tahun berikutnya akan ditambah beberapa cabang olahraga lagi yang sedang dikembangkan oleh sekolah, seperti Hoki, Futsal, dan Panahan.
Keberadaan Kelas Olahraga ini secara psikis dan psikologis berhasil memberikan dampak yang baik bagi siswa atlet. Secara psikis, siswa mampu meningkatkan grade kebugaran, ketahanan, dan kemampuannya. Latihan yang terprogram jelas dan kontinyu disertai tenaga-tenaga kepelatihan yang profesional memberikan atlet kenyamanan saat berlatih sehingga taraf skill mereka dapat terdongkrak secara kompetitif. Secara psikologis, atlet lebih percaya diri dan siap ketika terjun dalam pertandingan resmi karena persiapan dan latihan yang telah baik. Sehingga, atlet kelas olahraga mampu meraih beberapa prestasi olahraga. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.