«

»

Jun 13

Menumbuhkan Generasi Simpati dan Empati

Berbagi bersama di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan hidayah. Pada bulan Ramadhan ini SMP Muhammadiyah 2, Genteng, Surabaya (Spemda) mempunyai rangkaian kegiatan Daarul Arqom di sekolah. Aktivitas Daarul Arqom Murid kelas VII dan VIII selama 2 hari satu malam (12-13 ) untuk putri dan (14-15 ) untuk Putra.

Daarul Arqom yang diadakan pada tahun ini menekankan tentang cinta Al-Qur’an secara  harfiah. Membaca sesuai tajwid dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penekanan pada Surat Al Maun yang menjelaskan tentang orang-orang yang mendustakan agama.

“Dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin,” Cuplikan ayat ke 3 Surat Al Maun menjadi sebuah tindakan langsung yang dilakukan oleh siswa-siswi Spemda Surabaya. Bulan penuh berkah ini, menjadi ajang untuk berbagi bersama masyarakat miskin dan tukang becak.

Menyalurkan infaq berupa materi yang terbalut oleh kertas putih, disebarkan di daerah Pasar Genteng dan Jalan Simpang. Penyebaran infaq tersebut dijadikan 7 kelompok dari 137 kelas putri Spemda.

Membiasakan Sholat Isya’ & Tarawih berjamaah

“Belajar memaknai Al-Qur’an ternyata begitu menarik dan menyenangkan. Mulai dari cara membaca dengan tajwid hingga melagukan ayat-ayat Al-Qur’an secara bersama-sama. Dan paling berkesan saat kita belajar langsung tentang berbagi dengan tukang becak dan masyarakat di pinggir Sungai. Bahagia dan terenyuh, Ungkap Rebina Choyrina Aziza kelas 8A.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan sebuah pembelajaran langsung tentang arti berempati dengan sesama. Bisa merasakan apa yang mereka rasakan, dan dapat membantu apa yang mereka butuhkan. Dengan adanya pembelajaran bersifat karakter, dapat menjadikan siswa-siswi Spemda, Surabaya lebih mandiri dan percaya diri.

“Kegiatan yang sudah terprogram setiap tahun ini, terlaksana sejak 6 tahun lalu, diharapkan bisa membuat anak lebih bersimpati dan berempati kepada setiap manusia di sekelilingnya, ungkap Ach. Jamaluddin, S.Thi selaku Ketua Panitia Daarul Arqom.

Diujung kegiatan, kelas putri juga menyiapkan makanan ringan untuk takjil kepada 200 pengendara motor dan mobil di sekitar Surabaya Pusat. Yang akan menyegerakan berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>